Jumat, 22 Februari 2008

Liga Super Sebaiknya Ditunda

- Kompetisi sepak bola Liga Super 2008, yang direncanakan berlangsung Juli mendatang, disarankan agar ditunda. Sebab, berbagai prasyarat kompetisi yang sehat, seperti pemain, wasit, dan ofisial yang profesional, belum terwujud.

Suporter klub juga belum dewasa. Belum lagi urusan kelengkapan liga, seperti stadion yang sesuai standar FIFA, yang jumlahnya kurang dari lima.Pendapat tersebut dilontarkan mantan Manajer PSM Makassar, Erwin Aksa, dan pengamat sepak bola yang juga peneliti pada Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D), Isfahani.

"Liga kita berjalan tanpa arah dan visi yang jelas. Jadi ada baiknya Liga Super ditunda dulu. Waktu yang ada, digunakan untuk konsolidasi dulu, membahas bagaimana konsep liga ideal buat kita," kata Erwin, Jumat (15/2).

Isfahani menambahkan, Jepang pernah mengistirahatkan kompetisi untuk sementara, untuk menyiapkan kompetisi yang benar-benar profesional. Hasilnya, kini sudah bisa dituai. Kompetisi J-League, istilah untuk liga sepak bola di Jepang, menjadi salah satu yang terbaik di Asia. Tim nasional Jepang tercatat dua kali juara Asia, dan sudah tampil di Piala Dunia. "Pemain Jepang juga banyak direkrut klub-klub Eropa," tambah Isfahani.

Tidak ada komentar: