Jumat, 25 Januari 2008

Persebaya Buka Jalan Go Public

SURABAYA, JUMAT - Persebaya Surabaya membuka kemungkinan untuk menjadi perusahaan terbuka (go public) pada tahun ini. Ketua Umum Persebaya Arif Afandi, Jumat (25/1) menyampaikan hal tersebut menyusul komitmen calon investor yang masih dirahasiakan identitasnya.

Komposisi kepemilikan saham calon investor utama yang disebut-sebut berasal dari salah satu kelompok raksasa media itu diperkirakan takkan melebihi 30 persen. Selain investor dari salah satu perusahaan induk yang punya banyak anak perusahaan itu, Persebaya juga membuka kemungkinan kepemilikan saham kepada klub-klub anggota Persebaya dan masyarakat.

“Bedanya kalau untuk klub-klub anggota Persebaya, tidak ada uang yang dibayarkan melainkan lebih pada bentuk saham penyertaan. Jadi lebih sebagai goodwill (iktikad baik), dan untuk itu Ketua Umum Pengurus Kota PSSI Surabaya ex officio akan jadi penanggung jawab,” papar Arif.

Adapun untuk kepemilikan saham pada publik, Arif beranggapan hal itu perlu dilakukan untuk menjaga agar domain Persebaya yang telah jadi ikon Kota Surabaya tidak “dilarikan” ke kota lain. Saat ditanya kemungkinan besar yang bisa terjadi soal penyusupan kepemilikan saham lewat jalur publik tadi oleh pihak-pihak dengan tujuan tertentu, Arif menampiknya.

Tidak ada komentar: